CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-KOTABARU. Bagian 16. Sesi Berada di Pelabuhan Taluk Gosong


Perjalanan kami meninjau lokasi objek wisata yang rencananya akan dikunjungi nantinya dalam rangka studi banding MKKS SMP Tanah Laut pada tanggal 20 -22 September 2019 nantinya. Dalam kegiatan studi banding tersebut ada beberapa kegiatan pokok,yaitu pertemuan silaturrahim dengan pengurus MKKS SMP Kotabaru, pertandingan bulutangkis persahabatan antar kepala sekolah, dan rekreasi dalam rangka pelepasan purnatugas atau pensiun kepala sekolah.

Ada dua kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS SMP Tanah Laut yang memasuki masa purnatugas pada tahun 2019 ini, yaitu (1) Bapak Syakhrani, S.Pd , mantan Kepala UPTD SMPN 1 Bati—Bati; dan (2) Ibu Supini, S.Pd, mantan Kepala UPTD SMPN 7 Pelaihari. Dalam rangka memberikan apresiasi dan penghormatan bagi kedua mantan kepala sekolah itulah kegiatan studi banding ke Kotabaru ini dilaksanakan.

Lokasi pelabuhan Taluk Gosong yang kami akan kunjungi ini merupakan rekomendasi dari Supian, S.Pd, karena di sekitar lokasi tersebut pantainya juga indah dengan batu-batu besarnya yang menghiasi pantai tersebut. Kami berangkat ke lokasi Taluk Gosong dari pintu gerbang objek wisata Pantai Gadambaan Sarang Halang sekitar pukul 10.15 WITA, dan sampai di tujuan pada pukul 10.25 WITA, atau sekitar 10 menit dengan mobil ke pantai Taluk Gosong.
Mobil kami parkir di Pelabuhan Taluk Gosong yang sudah tidak terpakai lagi. Saat kami datang di tempat tersebut hanya ada dua orang yang sedang mengail, tidak ada aktivitas atau kegiatan kepalabuhanan. Matahari bersinar penuh sehingga cuaca terasa terik saat penulis dan kawan-kawan keluar dari mobil.  Yuliansyah, M.Pd yang keluar mobil terlebih dulu dari mobil sudah berjalan jauh meninggalkan kami yang mengambil foto alam sekitar. Ia menuju pemancing yang ada di pelabuhan tersebut, dan kemudian terlihat sudah memegang pancing dari salah satu pemancing di sana.

Pemandangan alam sekitar dari dermaga pelabuhan itu sangat indah. Ketika pandangan diarahkan ke daratan, terlihat pegunungan yang terbentang menghadap ke pantai. Sedangkan ketika pandangan diarahkan ke laut, terlihat beberapa pulau kecil yang ada di kejauhan dengan hamparan hutan bakau di pesisirnya.  Semantara jika memandang pantai yang ada di sekitar pelabuhan Taluk Gosong, terlihat batu-batu besar yang berserakan memperindah pantai yang landai di sekitarnya.
Kondisi alam sekitar Taluk Gosong memang berpotensi menjadi salah satu objek wisata pantai selain Pantai Gadambaan Sarang Tiung  yang memiliki karakter alam masing-masing yang berbeda satu sama lain. Pantai Gadambaan Sarang Tiung memiliki karakater pantai yang landai dan melengkung dengan indahnya, sedangkan Pantai Taluk Gosong merupakan pantai yang dipenuhi dengan babatuan besar, seperti sungai di daerah pegunungan, dan penuh petualangan untuk menjalaninya.

Tidak lama kami berada di pelabuhan Taluk Gosong, hanya sekitar 15 menit, lalu kami memutuskan untuk kembali ke Kotabaru. Waktu saat kami berangkat dari Taluk Gosong sekitar pukul 10.30 WITA. Kami perlu balik ke Kotabaru untuk persiapan pulang ke Pelaihari, Tanah Laut siang ini juga.  
####edisikotabaru2019###

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-KOTABARU. Bagian 16. Sesi Berada di Pelabuhan Taluk Gosong"